Laman

Wednesday, March 4, 2015

Penemuan Batu Giok di Simeulue

PENEMUAN BATU GIOK DI SIMEULUE
membuat heboh bagi para penggemar batu cincin



giok simeulue


giok cantik
GIPS

Batu giok di Simeulue ditemukan oleh masyaraka sebelum tahun 2015 hingga  pada saat ini masih menjadi rebutan dan sangat disayangkan buatu muliya ini belum dapat di miliki oleh masarakat simeulue sendiri. 

BATU GIOK  yang berwarna hijau ini banyak yang mengatakan jika dimiliki seseorang akan mendatangkn rezeki membuat seseorang akan menjadi tentram sejuk dan damai dalam hidupnya dan juga akan menarik hati lawan jenis dan menjadi berkarisma jika dikenakan di jari telunjuk kanan yang memilki batu tersebut namun jika kurang hati- hati akan  membuat seseorang akan celaka jika sala pemahaman terhadap batu giok cantik yang harganya jutaan higgah ratusan juta rupia.

Batu muliya ini masih menjadi rebutan oleh pecinta batu muliya dan para kolektor batu antik baik masyarakat lokal hinggah mancanegara. batu giok yang berada di simelueh adalah paling cantik dan paling indah dibanding batu yang lain, katanya
Namun kebradaan batu giok simelue ditemukan di pusat kota sinabang kabupaten simelueh profinsi Aceh. dan masih dalam bongkahan dan ada juga yang sudah terpecah-pecah hingga menjadi cincin dan menjadi anting dan liontin.
sebenarnya Batu giok terdiri dari dua macam; nephrite dan jadeit. Keduanya sebenarnya adalah mineral yang berbeda, jadeit lebih keras daripada nephrite tapi lebih gampang retak. Jadeite kurang lebih sama kerasnya dengan batu quartz. Batu giok yang berwarna putih biasanya adalah nephrite dan yang digunakan dan bernilai tinggi di pulau Simeulue sangat banyak ditemukan tetapi di Cina pada saat itu adalah nephrite. Biru kehijauan, oranye kemerahan dan warna lavender biasanya selalu jadeite, jenis batu yang sangat langkah ditemukan dan berharga pada saat ini.
 Batu giok mempunyai nilai keras 6-6.5 (Nephrite), 6.5-7 (Jadeite) berdasarkan daftar keras Mohs. Nephrite terbuat dari silikat kalsium dan magnesium, sedangkan jadeite adalah silikat natrium dan alumunium. Kandungan lain yang mungkin terdapat dalam jadeites adalah kalsium, kalium, krom, magnesium, titanium, mangan dan air. Dalam pengamatan mikroskop, nephrite tampil sebagai gumpalan yang terjalin erat seperti serat filamen. Jadeite menunjukkan struktur yang lebih bersifat kristal.
Batu giok juga disebut-sebut sebagai “the toughest gemstone”, artinya adalah batu yang terkuat diantara batu-batu mulia lainnya, bahkan lebih kuat dari pada intan atau berlian. Intan atau berlian menyandang gelar batu terkeras dari segala macam batu di dunia tetapi batu intan mudah retak dan patah jika terbentur cukup keras karena walaupun susunan komposisi struktur intan membuat mereka keras namun ‘brittle’. Batu intan hanya bisa dipotong dengan batu intan lainnya dan tidak akan tergores oleh batu jenis lain. Batu giok mudah tergores dan sangat lembut jika dibandingkan dengan intan namun anti-retak atau ketahanan terhadap patah batu giok sangat tinggi.


Warna batu giok bermacam-macam, ada yang putih susu, putih kehijauan, hijau, hijau tua bahkan ada juga yang warna abu-abu dan kemerah-merahan atau merah-coklat. Namun batu giok yang paling dicari dan diminati adalah yang berwarna hijau tua bening. Imperial jade adalah nama yang diberikan pada batu giok yang dianggap paling berkualitas, warnanya harus berwarna hijau zamrud yang bening dan agak kental.
Warna batu imperial jade yang hijau dalam dikarenakan oleh adanya zat chromium, sedangkan keberadaan iron (Fe) menghasilkan warna hijau yang lebih pucat, biru-kehijauan atau biru-kehitaman. Warna tergelap biasanya berisi jumlah yang relatif tinggi akan oksida besi.

 Bagi para pecinta dan kolektor batu giok, hati-hati karena banyak dealer yang mewarnai giok putih untuk menyerupai warna batu giok imperial jade dan menjualnya dengan harga yang lebih tinggi. Meskipun batu giok saat ini adalah salah satu batu permata yang paling indah dan terjangkau, sayangnya batu ini juga menjadi salah satu batu yang paling suka dipalsukan. Disarankan agar membeli batu giok atau batu permata.
tetapi masyarakat simeulue mengatakan giok lumut karena warnanya seperti hijau lumut dan anehnya akan marah jika dikatakan giok di simelue palsu.

jika maumelihat batu GIOK yang telah  ditmukan di simeulue  silakan kunjungi saja warung kopi di sekitar kota sinabang dan periksa saja dijari-jari tangan  pengunjung warung kopi dan jika mau mencoba asli atau tidak tanyakan saja pada pemiliknya. jika anda katakan pada pemiliknya batu gioknya palsu. pasti dia akan malu dan dan tersinggung bahkan ada yang mara.  silakan di coba dan jika anda temukan berarti anda telah menemukan giok di SIMEULUE.
Post a Comment